Menghadirkan layanan transportasi kereta api yang terintegrasi untuk mobilitas yang berkualitas.
Menghadirkan layanan berkualitas untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan rekan commuters.
Nikmati kemudahan transaksi dengan Kartu Multi Trip untuk perjalanan lebih cepat, praktis, dan tanpa antre.
Informasi perjalanan KRL terlengkap. Mulai dari jadwal perjalanan, tarif perjalanan, dan rute perjalanan.
Pengadaan Barang/Jasa dengan proses yang optimal untuk mencapai kesepakatan terbaik.
Jelajahi informasi terkait KRL dan terhubung dengan kami melalui berita, cerita, dan wawasan terbaru.
Perseroan patuh terhadap regulasi pemerintah untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, bertanggung jawab, dan kokoh.
Kembangkan bisnis Anda dengan memasang iklan di ekosistem bisnis KAI Commuter.
Dapatkan merchandise spesial untuk commuters dengan penawaran menarik.
Jakarta – KAI Commuter meresmikan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta Press Room, Jumat (12/9). Fasilitas bertempat di Kantor KCI, Juanda, Jakarta ini hadir sebagai wujud keterbukaan informasi publik kepada masyarakat luas. “Aspek keterbukaan informasi sangat penting karena KAI Commuter melayani kebutuhan transportasi publik sehari-hari,” kata Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto usai peresmian.
Asdo menyebut PPID menjadi sarana resmi bagi publik dan media untuk memperoleh informasi. Menurutnya, keterbukaan ini penting karena layanan komuter bersentuhan langsung dengan kebutuhan harian masyarakat. PPID yang baru diluncurkan ini sudah mulai dikembangkan sejak 2014, terutama melalui pengelolaan dokumen, hingga kanal informasi daring. Namun, peluncuran secara resmi baru dilakukan tahun ini karena seluruh perangkat administrasi dan sarana fisik sudah dinilai siap.
Menurut Asdo, kehadiran PPID dan Press Room diharapkan juga menjadi ruang interaksi dua arah antara perusahaan dan media. Media dapat membantu menyampaikan informasi kepada masyarakat, sementara KCI menerima masukan serta kritik untuk meningkatkan layanan.
"Pertama terhadap layanan masyarakat dan kami pun tidak akan menutup informasi-informasi yang perlu kita sampaikan kepada masyarakat. Kemudian sebaliknya informasi-informasi dari teman-teman media, masukan, saran atau kritik untuk kami supaya layanan terhadap masyarakat ini, pengguna komuter ini terus meningkat semakin lebih baik," kata Asdo.
Sementara itu, VP Corporate Secretary KCI Joni Martinus menjelaskan layanan PPID dibuka pada hari kerja. Tetapi, masyarakat tetap bisa mengakses informasi selama 24 jam melalui aplikasi, email, dan layanan virtual.
"Tahun ini sudah ada sekitar 311 permohonan informasi dan itu kebanyakan dari mahasiswa," kata Joni.
Jenis informasi yang dapat diakses mencakup seluruh data publik kecuali informasi yang bersifat pribadi atau dikecualikan. KCI juga memastikan setiap permohonan informasi diproses sesuai aturan. Menurut Joni, informasi yang tersedia langsung akan diberikan. Sementara, informasi lain diproses maksimal tujuh hari kerja dengan tambahan tiga hari jika diperlukan. Peluncuran PPID ini sekaligus bertepatan dengan ulang tahun KCI, yang dirancang sebagai momentum memperkuat komitmen perusahaan terhadap transparansi.
Ketua Komisoiner Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro yang turut hadir dalam peresmian ini menyambut baik hal ini karena badan publik seperti KAI Commuter sudah mempunyai ruang layanan keterbukaan informasi untuk masyarakat
"Keterbukaan publik bukan sekadar kewajiban regulasi, tetapi kebutuhan dalam mengelola transportasi publik. KCI berharap PPID mampu meningkatkan kepercayaan publik sekaligus memperkuat hubungan dengan para pengguna jasa," tutuo Asdo.