Menghadirkan layanan transportasi kereta api yang terintegrasi untuk mobilitas yang berkualitas.
Menghadirkan layanan berkualitas untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan rekan commuters.
Nikmati kemudahan transaksi dengan Kartu Multi Trip untuk perjalanan lebih cepat, praktis, dan tanpa antre.
Informasi perjalanan KRL terlengkap. Mulai dari jadwal perjalanan, tarif perjalanan, dan rute perjalanan.
Pengadaan Barang/Jasa dengan proses yang optimal untuk mencapai kesepakatan terbaik.
Jelajahi informasi terkait KRL dan terhubung dengan kami melalui berita, cerita, dan wawasan terbaru.
Perseroan patuh terhadap regulasi pemerintah untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, bertanggung jawab, dan kokoh.
Kembangkan bisnis Anda dengan memasang iklan di ekosistem bisnis KAI Commuter.
Dapatkan merchandise spesial untuk commuters dengan penawaran menarik.
Jakarta - Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2025 telah dilaksanakan mulai 1 Februari 2025. Tidak hanya operasional perjalanan Commuter Line yang berubah, tetapi perjalanan KA Jarak Jauh maupun KA Barang juga mengalami beberapa perubahan. Selama satu minggu pemberlakuan, KAI Commuter terus melakukan evaluasi terhadap pemberlakuan GAPEKA baru tersebut.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus menyampaikan bahwa pada GAPEKA 2025 ini, KAI Commuter menambah frekuensi perjalanan pada beberapa lintas “Diantaranya lintas Bogor ditambah 13 perjalanan dari 379 menjadi 392 perjalanan tiap hari kerja, lintas Cikarang ditambah 21 perjalanan dari 260 menjadi 281 perjalanan, dan lintas Rangkasbitung ditambah 5 perjalanan dari 199 menjadi 204 perjalanan,” jelas Joni.
Untuk menjaga headway atau waktu tunggu perjalanan pada peak hour, KAI Commuter mengoptimalkan operasional perjalanan Commuter Line di lintas layanan yang ramai. Di lintas Bogor, headway pada jam sibuk adalah 5 menit, dan lintas Bekasi selama 7 menit. Sedangkan lintas Serpong memiliki headway 10 menit,” tambah Joni.
Joni menambahkan bahwa perubahan GAPEKA yang baru ini juga masih terdapat masukan dan saran dari pengguna Commuter Line itu sendiri. “Ada beberapa masukan dan saran dari pengguna Commuter Line Cikarang terkait penambahan jadwal pemberangkatannya yang melewati Stasiun Pasar Senen,” tambah Joni.
Untuk pengguna Commuter Line Cikarang menuju Stasiun Kampung Bandan via Stasiun Pasar Senen, bisa transit terlebih dahulu di Stasiun Bekasi atau Stasiun Kranji hingga Stasiun Klender agar tidak berpindah peron. Headway perjalanan Commuter Line menuju Kampung Bandan via Stasiun Pasar Senen adalah 30 menit sekali.
Sementara itu, untuk Commuter Line Rangkasbitung, terdapat pergeseran jadwal keberangkatannya sekitar 5-10 menit. Namun demikian, waktu perjalanan pada lintas tersebut menjadi lebih cepat, yaitu 98 menit, yang sebelumnya 107 menit.
KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk menyesuaikan kembali perjalanannya dengan jadwal terbaru. Jadwal perjalanan yang baru bisa dilihat di website commuterline.id serta aplikasi C-Access.
“KAI Commuter memohon maaf atas terjadinya keterlambatan yang masih terjadi pada perjalanan Commuter Line di pemberlakuan GAPEKA 2025. KAI Commuter juga menerima masukan dan saran dari berbagai pihak, dan akan terus mengevaluasi terkait operasional perjalanan Commuter Line ini agar pelayanannya lebih baik lagi,” imbuh Joni.
Kereta Baru dan Regulasi 4.000 KM
Pada awal pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2025 ini KAI Commuter juga telah mendatangkan satu rangkaian KRL baru atau sebanyak 12 kereta yang akan digunakan sebagai replacement sarana KRL yang akan memasuki masa konservasi. Rangkaian baru tersebut tentunya akan dioptimalkan operasionalnya setelah dilakukan uji dinamis sejauh 4.000 KM.
Pengujian ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 49 Tahun 2023 tentang Standar, Tata Cara Pengujian, dan Sertifikasi Kelaikan Kereta Api Kecepatan Normal dengan Penggerak Sendiri. Mengikuti aturan itu juga, setiap Sarana Kereta Api yang baru, sebelum operasional mengangkut penumpang harus lulus uji coba dinamis .
“KAI Commuter terus berkomitmen untuk meningkatkan layanannya kepada penggunanya serta mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan antusiasme masyarakat dalam menggunakan Commuter Line Jabodetabek sebagai transportasi utama yang efisien dan terjangkau dalam mobilitasnya,” tutup Joni.