Kembali

Rekor, Pengguan Harian Commuter Line Yogyakarta-Palur Tembus 45 Ribu Orang Commuter Line Jadi Transportasi Terfavorit Pada Libur Lebaran

Yogyakarta - Hari Kamis, 3 April 2025 kemarin atau hari ketiga pasca Lebaran, Commuter Line Yogyakarta-Palur mencatat rekor jumlah pengguna harian tertinggi mencapai 45.269 orang. Sebelumnya, pada hari kedua pasca Lebaran, Rabu (2/4), sebanyak 40.550 orang. Rekor itu melampaui volume harian pada Masa Angkeb 2024 tahun lalu, yaitu sebanyak 41.535 orang.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyampaikan bahwa rekor tersebut menunjukkan bahwa Commuter Line Yogyakarta-Palur merupakan pilihan utama masyarakat dalam bertransportasi di kawasan Yogyakarta, Klaten, dan Solo. “Dari tarif tiket yang terjangkau hingga efisien karena terhindar dari kemacetan, tak ayal Commuter Line Yogyakarta-Palur menjadi transportasi pilihan utama bagi masyarakat di sekitar wilayah tersebut,” jelas Joni.

Joni menambahkan, peningkatan jumlah pengguna ini dinilai tak terlepas dari upaya-upaya KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta dalam meningkatkan layanan, di antaranya optimalisasi jadwal perjalanan dengan menambah 4 perjalanan menjadi 31 perjalanan hingga 11 April 2024 nanti, peningkatan fasilitas layanan, serta edukasi kepada masyarakat tentang manfaat menggunakan transportasi umum yang lebih ramah lingkungan.

Hari ini, Jumat, 4 April 2025 atau empat hari pasca Lebaran, masyarakat di wilayah Yogyakarta, Klaten, maupun Surakarta (Solo) masih melakukan silaturahmi ke sanak saudara maupun hanya sekadar berwisata bersama keluarga untuk mengisi waktu libur mereka. Tercatat hingga pukul 12.00 WIB hari ini, sebanyak 11.028 orang yang naik Commuter Line Yogyakarta-Palur, dengan stasiun tujuan tertinggi yaitu Stasiun Yogyakarta, atau sebanyak 4.352 orang.

“Tercatat sebanyak 4.352 orang yang turun di stasiun tersebut, angka ini lebih besar 35% jika dibandingkan hari biasa pada periode yang sama. Sementara itu, untuk yang naik sebanyak 2.272 orang,” tambah Joni.

Untuk itu, KAI Commuter mengimbau untuk menghindari kepadatan di Stasiun Yogyakarta, dengan melakukan naik dan turun dari Commuter Line Yogyakarta di stasiun lainnya seperti Stasiun Lempuyangan. Sesuai data yang tercatat, selama masa libur Lebaran ini, volume pengguna di Stasiun Yogyakarta sebanyak 12–14 ribu orang tiap harinya, sedangkan Stasiun Lempuyangan berjumlah 3–4 ribu orang setiap harinya.

Sedangkan untuk layanan Commuter Line Prameks, sepanjang masa Angkutan Lebaran (21 Maret-3 April 2025) tercatat volume pengguna sebanyak 42.219 orang, dengan volume tertinggi pada Hari ke-3 pasca Lebaran atau Kamis (3/4) dengan total sebanyak 6.154 orang. Angka tersebut meningkat sebesar 71% jika dibandingkan dengan hari libur lainnya, atau rata-rata sebanyak 3.500 orang.

Untuk mengantisipasi kepadatan pengguna, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mengoperasikan sebanyak 10 jadwal perjalanan Commuter Line Prameks. Selain itu, juga tidak memberlakukan sementara waktu pemesanan tiket Commuter Line Prameks melalui QR Code selain aplikasi Access By KAI serta pembayaran melalui KMT dan Uang Elektronik Bank untuk keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo dan Stasiun Jenar sesuai dengan kuota yang tersedia.

KAI Commuter mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan Commuter Line sebagai transportasi pilihan utama pada musin libur lebaran tahun ini. KAI Commuter juga mengimbau selama menggunakan perjalanan Commuter Line untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku. 

“Selalu Jaga dan awasi buah hati selama di Commuter Line dan menyiapkan perjalanan dengan cermat serta menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas,” tutup Joni.