Kembali

Prioritaskan Keselamatan dan Keamanan, KAI Commuter Ciptakan Liburan Seru Nataru 2024-2025 - Siapkan 58 Perjalanan Harian untuk Wilayah II Bandung

Bandung – Pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025 mulai Kamis, 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Commuter sebagai operator pelayanan perjalanan Commuter Line di Wilayah II Bandung melakukan berbagai persiapan dalam menyukseskan masa angkutan Nataru ini. Persiapan ini untuk menciptakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengguna.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyampaikan bahwa pada masa Nataru tahun 2024-2025 ini, KAI Commuter Wilayah II Bandung mengoperasikan 58 perjalanan tiap harinya. Commuter Line lokal tersebut antara lain Commuter Line Walahar Ekspres dengan 10 perjalanan, Commuter Line Garut Cibatuan dengan 6 perjalanan, Commuter Line Bandung Raya dengan 40 perjalanan, dan Commuter Line Jatiluhur dengan 2 perjalanan.

Dari 58 perjalanan Commuter Line tersebut, memiliki kapasitas daya angkut sebesar 43.036 pengguna per harinya. KAI Commuter memprediksi jumlah volume pengguna Commuter Line di Wilayah II Bandung selama masa Nataru kali ini sebanyak 998.066 orang atau lebih besar 2,15% jika dibandingkan dengan Nataru lalu yang mencapai hampir 977 ribu pengguna.

Joni menambahkan, untuk keselamatan operasional, KAI Commuter berkolaborasi dengan KAI Daop 2 Bandung dalam hal Penyiagaan Sarana Kereta Penolong (NR) dan Pembangkit serta menyiapkan Mobil Rescue serta alat-alat pendukung keselamatan lainnya. Untuk keamanan, KAI Commuter berkolaborasi dan melibatkan kewilayahan dengan aparat setempat serta meningkatkan pengamanan pada daerah yang dinilai rawan.

“Pengamanan para pengguna Commuter Line di Wilayah II Bandung, selama masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter menugaskan sebanyak 459 personil yang terdiri dari 294 petugas pengamanan, 129 petugas pelayanan, dan 36 petugas operasional KA,” ungkapnya.

Pemesanan dan pembelian tiket Commuter Line di Wilayah II Bandung dapat melalui Aplikasi Access By KAI. Tiket dapat dipesan mulai tujuh hari (H -7) sebelum hari pemberangkatan. Pembelian tiket secara langsung hanya dapat dilayani pada hari yang sama sesuai tanggal pemberangkatan sepanjang tiket masih tersedia. Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan, siapkan kartu identitas diri untuk mempercepat proses saat boarding berlangsung.

KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line Lokal untuk utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan.

“Untuk layanan kepada pengguna, KAI Commuter juga menambah fasilitas layanan seperti pembangunan Pos Kesehatan di Stasiun Cicalengka dan Rancaekek, Water Station atau fasilitas air minum gratis serta pembangunan musala. Untuk kenyamanan pengguna, KAI Commuter Wilayah II Bandung juga menyediakan fasilitas charger booth dan penambahan kursi tunggu pengguna.

“Sedangkan untuk memeriahkan peringatan Natal dan Tahun Baru, KAI Commuter juga akan mendekorasi stasiun dengan ornamen tematik Natal di beberapa stasiun,” tutup Joni.