Kembali

Maksimalkan Layanan Kepada Penggunanya dan Support Inklusi Disabilitas KAI Commuter Luncurkan Kartu Disabilitas Di Wilayah 6 Yogyakarta

Yogyakarta - KAI Commuter masih menjadi pilihan transportasi bagi berbagai kalangan masyarakat. Untuk itu, KAI Commuter terus berinovasi dalam meningkatkan layanannya, sekaligus men-support gerakan inklusi disabilitas dengan menghadirkan "Kartu Disabilitas", termasuk di Wilayah 6 Yogyakarta.

Keberadaan Kartu Disabilitas tak lepas dari realita bahwa selain pengguna rutin, pengguna dengan disabilitas juga kerap mengandalkan Commuter Line sebagai andalan untuk kebutuhan mobilitas keseharian. Kartu ini sekaligus menjadi kartu identitas multifungsi yang dapat digunakan sebagai identitas penyandang disabilitas. Sebelumnya, kartu ini secara resmi diluncurkan pada 14 Februari 2025 lalu di Jakarta.

Khusus di Wilayah 6 Yogyakarta, KAI Commuter secara simbolis meluncurkan dan mensosialisasikan fasilitas layanan tersebut di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Jumat, (21/2) yang juga dihadiri oleh Komisi Nasional Disabilitas RI.

Direktur Utama Asdo Artriviyanto, dalam sosialisasi Kartu Disabilitas ini, menyampaikan bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanannya kepada pengguna di Wilayah 6 Yogyakarta, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

“Dengan adanya masukan dan saran terkait masih banyaknya penyandang disabilitas pengguna Commuter Line yang tidak mendapatkan prioritas karena tidak dapat mengomunikasikan kondisi keadaannya kepada penumpang lain dan tidak terlihat secara fisik, maka KAI Commuter menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” jelas Asdo.

Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.

Nantinya, pengguna dengan disabilitas akan mendapatkan Kartu Disabilitas yang bisa diperoleh dengan mendaftarkan dan registrasi secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d serta menentukan tempat pengambilan Kartu Disabilitas yang berada di Stasiun Yogyakarta, Maguwo, Klaten, Purwosari atau Stasiun Solo Balapan. Kemudian, setelah proses verifikasi akan dihubungi petugas untuk proses pengambilan Kartu Disabilitasnya.

Sebelumnya, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas di nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line. 

Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, pengguna dengan disabilitas yang menggunakan fasilitas tersebut sebanyak 883 pengguna. Angka tersebut meningkat 19% dari total pengguna disabilitas dalam menggunakan fasilitas tersebut pada tahun 2023, yaitu sebanyak 741 pengguna.

“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk peduli dengan memberikan kursinya bagi pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan para penumpang prioritas pada umumnya,” tutup Asdo.