Kembali

Layani 21 Ribu Lebih Orang, Stasiun Surabaya Gubeng Jadi Stasiun Dengan Volume Terbanyak Layani Pengguna Commuter Line Selama Masa Libur Idul Adha

Surabaya – Libur panjang Idul Adha kemarin Sabtu-Selasa, (15-18/6) KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya dan sekitarnya sebanyak 162.384 orang. Tercatat Stasiun Surabaya Gubeng merupakan stasiun dengan volume keberangkatan pengguna terbanyak, tercatat sebanyak 21.417 orang. Di Stasiun ini KAI Commuter melayani perjalanan Commuter Line untuk tujuan ke wilayah Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Blitar, Mojokerto dan Kertosono.

Selain itu, KAI Commuter juga mencatat volume pengguna di stasiun-stasiun keberangkatan lainnya sepanjang libur Idul Adha ini, seperti Stasiun Wonokromo 12.416 orang, Stasiun Malang 10.966 orang, Stasiun Sidoarjo 9.419 orang dan Stasiun Surabaya Pasar Turi 8.035 orang pengguna.

Sedangkan stasiun-stasiun kedatangan pengguna Commuter Line dengan volume terbanyak sepanjang libur Idul Adha ini yaitu Stasiun Surabaya Gubeng 14.720 orang, Stasiun Wonokromo 8.452 orang, Stasiun Malang 7.948 orang, Stasiun Sidoarjo 6.745 orang dan Stasiun Surabaya Pasar Turi 5.331 orang.  

Pada libur panjang kali ini, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 60 perjalanan Commuter Line setiap harinya dengan menyiapkan kapasitas angkut pengguna sebanyak 36.182 orang per hari dengan memberlakukan okupansi pengguna maksimal pada setiap perjalanan Commuter Line sehingga kepadatan dan kenyamanan pengguna Commuter Line tetap terjaga. 

Jika jarak tempuh Commuter Line kurang dari 100 Km, diberlakukan okupansi sebanyak 150%, atau 159 pengguna tiap keretanya. Sedangkan jika jarak tempuh Commuter Line lebih dari 100 Km dibelakukan okupansi sebesar 120% dari total tempat kapasitas tempat duduk atau sebanyak 128 orang tiap keretanya.

KAI Commuter Wilayah 8 Surabaya juga memberlakukan kebijakan pelayanan yaitu kursi prioritas sebanyak 4 tempat duduk per keretanya yang disediakan di ujung-ujung kereta atau dekat boardes. Tempat duduk prioritas tersebut dikususkan kepada pengguna Prioritas seperti pengguna disabilitas, pengguna lansia, dan pengguna membawa balita selama perjalanan Commuter Line.

Himbauan juga bagi yang akan melakukan perjalanannya menggunakan Commuter Line di wilayah Surabaya dan sekitarnya agar rencana akan perjalanan sejak awal dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI. Pemesanan lewat aplikasi tersebut sudah bisa dilakukan mulai 7 hari sebelum jadwal keberangkatan.

Sebelum keberangkatan, pengguna juga harus melakukan boarding di stasiun keberangkatan, siapkan kartu identitasnya untuk mempercepat proses boarding. Untuk informasi lebih lanjut, pengguna bisa menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau melalui akun media sosial @commuterline.