Kembali

KAI Commuter Wilayah VI Mencatatkan 178 Ribu Lebih Orang Menggunakan Commuter Line di Angkutan Nataru 2024-2025

Yogyakarta - Memasuki hari keenam Masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 - 2025 dan hari ketiga posko pelayanan kepada pengguna, berdasarkan pantauan didominasi oleh pengguna musiman dengan tujuan ke tempat wisata baik dari Yogyakarta menuju Solo ataupun sebaliknya.

Joni Martinus menyampaikan “Dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Solo terhitung dari 19 hingga 24 Desember sebanyak 162.533 orang. Sedangkan untuk Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo dengan tanggal yang sama sudah diangka 16.701 orang”, jelas Joni. 

“Dengan volume pengguna paling banyak di stasiun Tugu Yogyakarta sebanyak 14.333 orang sedangkan untuk stasiun dengan pengguna terendah adalah Stasiun Wojo dengan 59 orang", tambah Joni selaku VP Corporate Secretary KAI Commuter.

Penambahan perjalanan selama angkutan Nataru ini, sedikit tidaknya menaikkan jumlah pengguna. Pada (21/12) kemarin KAI Commuter melayani 29.594 orang, angka tersebut merupakan volume tertinggi dalam kurun 6 hari masa angkutan Nataru 2024-2025. Jumlah perjalanan Commuter Line masing-masing untuk Yogya-Solo sebanyak 30 perjalanan sedangkan Prameks sebanyak 10 perjalanan.

“Saat ini Stasiun Tugu Yogyakarta sedang dalam penataan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas kepada pelanggan”, tutur Joni. “Untuk itu kami mengajak kepada seluruh pengguna untuk tidak terburu-buru tetap prioritaskan keselamatan”, lanjutnya lagi.

KAI Commuter menyediakan faslitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet dan musholla serta videotron sebagai informasi layanan serta menyiagakan petugas yang siap membantu pengguna selama masa angkutan Nataru 2024-2025 ini.

KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line Yogya-Solo dan Commuter Line Lokal Prameks utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas. Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan. 

Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line dan Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.

Pengguna juga dihimbau untuk tidak berlari-lari pada saat akan menuju kereta, karena akan membahayakan diri sendiri dan pengguna lain. “Jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan baik di stasiun ataupun di dalam Commuter Line”, tutup Joni.