Kembali

KAI Commuter Terus Tingkatkan Layanan Kepada Pengguna Commuter Line Lokal di Seluruh Wilayah Operasioanal

KAI Commuter Tegaskan komitmennya untuk terus lakukan peningkatan layanan kapada seluruh pengguna, khusunya pengguna Commuter Line Lokal. Mulai dari penambahan fasilitas layanan dan menjalankan aturan dalam pengoperasian perjalanan Commuter Line yang termasuk dalam layanan Layanan kereta api bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO).

 

Menanggapi keluhan salah satu pengguna Commuter Line Garut saat di dalam perjalanan, Public Relation Manager KAI Commuter Indonesia, Leza Arlan, menjelaskan bahwa sesuai aturan, penumpang kereta diwajibkan memiliki tiket yang sesuai dengan identitas.

 

Pasalnya, salah satu pengguna merasa keberatan memperlihatkan identitas resminya saat melakukan boarding pass untuk naik Commuter Line. Pembelian dan pemesanan tiket Commuter Line juga sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Access by KAI.

 

“Untuk memberikan kemudahan pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas dapat membeli tiket langsung di loket stasiun Commuter Line atau melalui aplikasi Access by KAI,” tambah Leza.

 

Terkait layanan perjalanan Commuter Line Garut yang merupakan perjalanan kereta pai yang subsidi dari pemerintah, untuk perjalannya memang berhenti di setiap stasiun dari stasiun keberangkatan sampai ke stasiun tujuan. Hal ini sudah diatur dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka), sebagai acuan perjalanan seluruh kereta api.

 

Dalam layanan perjalanan kereta, perjalanan Commuter Line akan berhenti di stasiun untuk proses naik dan turun pengguna selama 2 menit. Jika pada pemberhentian di stasiun tersebut terjadi proses penyusulan atau pergantian jalur, pemberhentian bisa memakan waktu perjalanan selama 15 menit.

 

Saat ini penggunan sarana rangkaian kereta Commuter Line Garut masih menggunakan kereta ekonomi K3 yang memiliki jumlah tempat duduk sebanyak 106 setiap keretanya. Pengoperasian jumlah sarana Commuter Line Lokal ini juga masih terbatas.

 

Namun demikian, untuk meningkatkan layanan kepada penggunanya KAI Commuter tidak menutup kemungkinan akan melakukan perubahan dan penambahan pengoperasian saranan kereta Commuter Line di seluruh wilayah operasionalnya.

 

“Untuk informasi lengkap terkait perjalanan Commuter Line, mulai dari jadwal perjalanan, stasiun-stasiun pemberhentian hingga pemesanan tiket Commuter Line, pengguna bisa mengakses dan memeriksa informasi lengkap melalui aplikasi Access by KAI,” tutup Leza.