Kembali

Dua Hari Awal Posko Nataru 2025-2026, KAI Commuter Wilayah II Bandung Layani Lebih dari 103 Ribu Pengguna

Bandung, Memasuki hari ketiga (H+2) pelaksanaan Posko Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, KAI Commuter Wilayah II Bandung mencatat kenaikan volume pengguna yang signifikan. Selama dua hari pertama masa angkutan Nataru, total pengguna sebanyak 103.134 orang yang telah terlayani menggunakan Commute Line di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Tercatat pada Kamis (18/12) volume pengguna Commuter Line area Bandung 50.542 orang dan pada Jumat (19/12) sebanyak 52.592 orang. Stasiun Bandung merupakan stasiun dengan volume pengguna tertinggi di dua hari awal masa nataru ini dengan volume diangka 13.587 orang, berikutnya Stasiun Cikarang dengan volume 10.831 orang, Stasiun Cicalengka dengan volume 8.974 orang dan Stasiun Rancaekek dengan volume pengguna 7.908 orang. 

Karina Amanda, selaku VP Corporate Secretary menyampaikan, “Angka ini menunjukkan tren positif mobilitas masyarakat di wilayah Bandung Raya pada awal masa liburan panjang ini”.

Kesiapan Operasional dan Personel menghadapi tingginya volume pengguna tersebut, KAI Commuter Wilayah II Bandung tetap mengoperasikan 58 perjalanan kereta setiap harinya, baik pada hari kerja maupun akhir pekan. “Kapasitas angkut harian disiapkan sebesar 43.036 orang, namun dengan sistem faktor muat penumpang (Load Factor) yang dinamis, KAI Commuter berupaya maksimal melayani seluruh pengguna dengan tetap mengutamakan keselamatan,”jelas Karina.

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan di tengah kepadatan stasiun dan kereta, KAI Commuter menyiagakan 381 personel frontliner, termasuk 292 petugas keamanan (228 PKD dan 64 Walka) yang secara aktif melakukan patroli rutin. Fasilitas kesehatan juga telah disiagakan penuh di seluruh stasiun wilayah II Bandung, meliputi: 97 Unit Kotak P3K, 60 Unit Kursi Roda, 53 Unit Tabung Oksigen dan 49 Unit Tandu.

Karina Amanda menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengguna yang telah tertib. "Melihat volume pengguna yang mencapai lebih dari 50 ribu per hari, kami mengimbau pengguna untuk selalu mengikuti arahan petugas, terutama saat boarding dan turun di stasiun tujuan. Bagi pengguna yang duduk, kami mohon untuk memberikan prioritas tempat duduk kepada yang membutuhkan," ujarnya.

KAI Commuter mengajak seluruh pengguna untuk merencanakan perjalanan dengan cermat. Untuk update informasi tentang Commuter Line selama masa Nataru 2025-2026 ini dapat melalui akun sosial media resmi KAI Commuter @commuterline dan call center 121.