Kembali

Andil Stasiun di Kawasan Pusat Bisnis dan Perkantoran - Memasuki Hari Kerja, Commuter Line Layani 414 Ribu Lebih Pengguna Hingga Pukul 13.00 WIB

Jakarta - Transportasi Commuter Line saat ini menjadi transportasi pilihan utama masyarakat di wilayah Jabodetabek untuk mobilisasi yang lebih efisien. Mulai dari tarif tiket yang terjangkau dan juga lantaran dapat terhindar dari kemacetan jalan raya. Maka itu, memasuki hari kerja, Senin, (6/5) hingga pukul 13.00 Wib terpantau volume pengguna Commuter Line Jabodetabek mencapai 414.264 orang.

Sepanjang Mei 2024 ini, KAI Commuter juga membukukan data untuk rata-rata volume pengguna Commuter Line Jabodetabek pada hari kerja di angka 981.359 orang per hari. Sedangkan hari libur atau akhir pekan sebanyak 681.681 orang per harinya. Sedangkan rata-rata volume pengguna pada minggu ke satu Bulan April 2024 (Senin – Jumat 1-5 April) sebanyak 1.015.535 orang dengan volume tertinggi pada Senin, 1 April 2024 kemarin yang sudah menyentuh angka 1.042.066 pengguna. Dari data tersebut mengungkapkan bahwa hari kerja merupakan hari yang mencatat volume pengguna terbanyak.

Stasiun-stasiun tujuan di wilayah sekitar perkantoran juga terpantau ramai sebagai stasiun tujuan pada pagi hari. Salah satunya adalah Stasiun Sudirman yang berlokasi di kawasan strategis Jakarta, perkantoran, area bisnis dan juga sebagai stasiun integrasi antarmoda. Di stasiun ini, hingga pukul 13.00 Wib ini tercatat sebanyak 25.418 orang. 

Di Stasiun Sudirman, masyarakat juga lebih mudah dalam menjangkau dan menggunakan transportasi publik lainnya, dengan terintegrasinya transportasi Commuter Line dengan LRT Jabodebek, MRT, TransJakarta serta transportasi online. Tak pelak, stasiun ini sebagai stasiun sibuk pada jam sibuk pagi dan sore. 

Di Stasiun Sudirman, KAI Commuter terus meningkatkan layanannya dalam mendukung kawasan berorientasi transit (transit oriented development/TOD) demi kenyamanan para penggunanya. Maka itu, penambahan fasilitas-fasilitas akses untuk menuju Stasiun LRT Dukuh Atas dan akses menuju Stasiun MRT Dukuh Atas juga terus ditingkatkan. Sama halnya juga dengan fasilitas akses JPO pengguna yang akan menggunakan TransJakarta di Jl. Sudirman.

Hingga siang ini, Stasiun Sudirman merupakan stasiun tujuan kedua teramai setelah Stasiun Tanah Abang, yaitu sebanyak 31.711 orang hingga waktu yang sama. Selain Stasiun Sudirman, stasiun-stasiun Commuter Line lainnya yang berada di kawasan pusat perkantoran juga terpantau ramai di antaranya adalah Stasiun Karet. 

Stasiun Karet juga terbilang ramai pada jam sibuk pagi dan sore karena berlokasi disekitar perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen dan pemukiman pada penduduk. Hingga pukul 13.00 WIB tercatat sebanyak 9.074 orang yang turun di stasiun tersebut. Dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 10.984 orang pada hari kerja dan sebanyak 4.896 orang per hari di hari libur atau akhir pekan, stasiun ini juga terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yaitu TransJakarta dan transportasi online.

Setiap hari kerja KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan Commuter Line, sebanyak 262 perjalanannya untuk layanan naik dan turun di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet. Sedangkan pada hari libur dan akhir pekan mengoperasikan sebanyak 258 perjalanan. Layanan perjalanan Commuter Line di Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet melayani tujuan Stasiun Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Bekasi, Cikarang, dan Stasiun Manggarai. 

Sementara itu di stasiun-stasiun keberangkatan, hingga pukul 13.00 Wib juga terpantau volume pengguna cukup ramai. Stasiun Bogor, tercatat sebanyak 21.525 orang. Sedangkan stasiun keberangkatan lainnya seperti Stasiun Bojonggede juga terpantau cukup ramai yaitu sebanyak 29.096 orang, Stasiun Citayam sebanyak 24.019 orang dan Stasiun Bekasi sebanyak 22.886 orang. Sedangkan Stasiun Tangerang sebanyak 10.692 orang dan Stasiun Sudimara sebanyak 12.073 orang. 

KAI Commuter terus mengimbau agar pengguna selalu ikuti arahan petugas dan tertib dalam berkomuter dengan mendahulukan pengguna yang akan keluar dari kereta. Demi keselamatan bersama selalu berdiri di belakang garis aman peron dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan kereta. Selalu merencanakan perjalanannya dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info jadwal, kepadatan di stasiun dan posisi kereta secara real time.