Menghadirkan layanan transportasi kereta api yang terintegrasi untuk mobilitas yang berkualitas.
Menghadirkan layanan berkualitas untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan rekan commuters.
Nikmati kemudahan transaksi dengan Kartu Multi Trip untuk perjalanan lebih cepat, praktis, dan tanpa antre.
Informasi perjalanan KRL terlengkap. Mulai dari jadwal perjalanan, tarif perjalanan, dan rute perjalanan.
Pengadaan Barang/Jasa dengan proses yang optimal untuk mencapai kesepakatan terbaik.
Jelajahi informasi terkait KRL dan terhubung dengan kami melalui berita, cerita, dan wawasan terbaru.
Perseroan patuh terhadap regulasi pemerintah untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, bertanggung jawab, dan kokoh.
Kembangkan bisnis Anda dengan memasang iklan di ekosistem bisnis KAI Commuter.
Dapatkan merchandise spesial untuk commuters dengan penawaran menarik.
Bandung – KAI Commuter memastikan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan terhadap pengguna Commuter Line. Terkini, untuk men-support gerakan inklusi disabilitas, perusahaan transportasi massal ini menghadirkan "Kartu Disabilitas", termasuk di Wilayah 2 Bandung, Jumat (7/3).
Keberadaan Kartu Disabilitas tak lepas dari realita bahwa selain pengguna rutin, pengguna dengan disabilitas juga kerap mengandalkan Commuter Line sebagai andalan untuk kebutuhan mobilitas keseharian. Kartu ini sekaligus menjadi kartu identitas multifungsi yang dapat digunakan sebagai identitas penyandang disabilitas. Sebelumnya, kartu ini secara resmi mulai diluncurkan pada 14 Februari 2025 lalu di Jakarta.
Khusus di Wilayah 2 Bandung, KAI Commuter secara simbolis meluncurkan dan mensosialisasikan fasilitas layanan tersebut di Stasiun Bandung pada Jumat, (7/3) oleh Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto.
Dalam seremonial peluncuran dan sosialisasi Kartu Disabilitas ini, Asdo Artriviyanto menyampaikan bahwa penambahan layanan ini merupakan konsistensi KAI Commuter dalam meningkatkan layanannya kepada pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.
“Dengan adanya masukan dan saran terkait masih banyaknya penyandang disabilitas pengguna Commuter Line yang tidak mendapatkan prioritas karena tidak dapat mengomunikasikan kondisi keadaannya kepada penumpang lain dan tidak terlihat secara fisik, maka KAI Commuter menghadirkan Kartu Disabilitas ini,” jelas Asdo.
Asdo juga menambahkan bahwa peningkatan layanan ini juga sesuai dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang penyandang disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.
Nantinya, pengguna dengan disabilitas akan mendapatkan Kartu Disabilitas yang bisa diperoleh dengan mendaftarkan dan registrasi secara online melalui tautan https://shorturl.at/YSm6d. Kemudian, setelah proses verifikasi akan dihubungi petugas untuk proses pengambilan Kartu Disabilitasnya di Stasiun Bandung dan kemudian di beberapa stasiun Commuter Line lainnya yang ada di Wilayah 2 Bandung.
Sebelumnya, KAI Commuter Wilayah 2 Bandung juga telah membuka layanan loket khusus pengguna prioritas yang akan membeli tiket di 31 stasiun Commuter Line. Bagi pengguna prioritas termasuk pengguna dengan disabilitas dapat menggunakan fasilitas layanan Loket khusus ini.
Selain itu, KAI Commuter juga telah meluncurkan layanan khusus disabilitas di nomor 081296605747 yang sudah ada sejak akhir tahun 2019. Dengan menghubungi nomor tersebut, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.
Tercatat, sepanjang tahun 2024 lalu, pengguna dengan disabilitas yang menggunakan fasilitas tersebut sebanyak 883 pengguna. Angka tersebut meningkat 19% dari total pengguna disabilitas dalam menggunakan fasilitas tersebut pada tahun 2023, yaitu sebanyak 741 pengguna.
“KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna Commuter Line untuk peduli dengan memberikan kursinya bagi pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan para penumpang prioritas pada umumnya,” tutup Asdo.