Kembali

Stasiun Bandung Menjadi Stasiun Dengan Pengguna Tertinggi Pada Angkutan Nataru 2025-2026

Bandung - Memasuki hari kelima Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025–2026, KAI Commuter Wilayah II Bandung mencatatkan sebanyak 285.219 pengguna yang bermobilisasi di wilayah Bandung dan sekitarnya menggunakan layanan Commuter Line. Pada periode Nataru ini, pengguna didominasi oleh masyarakat musiman yang memanfaatkan libur sekolah, Natal, dan Tahun Baru.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, menyampaikan bahwa selama masa angkutan Nataru, volume pengguna Commuter Line Wilayah II Bandung terpantau cukup tinggi. “Pada masa angkutan Nataru 2025 yang berlangsung sejak 18 hingga 22 Desember 2025, KAI Commuter telah melayani sebanyak 285.219 pengguna,” jelasnya.

Berdasarkan data harian, jumlah pengguna Commuter Line Wilayah II Bandung tercatat pada 19 Desember 2025 sebanyak 52.592 orang, 20 Desember 63.141 orang, dan 21 Desember  66.354 orang. Sementara itu, hingga pukul 16.00 WIB pada 22 Desember 2025, tercatat sebanyak 52.590 pengguna telah menggunakan layanan Commuter Line Wilayah II Bandung.

Untuk volume pengguna stasiun, hingga pukul 16.00 WIB, Stasiun Bandung tercatat sebagai stasiun dengan volume pengguna tertinggi sebanyak 5.564 orang, sedangkan Stasiun Cimahi menjadi stasiun dengan volume terendah sebanyak 10 orang. Adapun Stasiun Cikarang sebagai stasiun transit tercatat melayani 6.532 pengguna.

Pada hari kelima angkutan Nataru, total perjalanan Commuter Line Bandung mencapai 58 perjalanan, yang terdiri dari layanan Commuter Line Bandung Raya, Commuter Line Walahar, Commuter Line Jatiluhur, serta Commuter Line Cibatu menuju wilayah Garut. Dari keseluruhan layanan tersebut, Commuter Line Cibatu mencatat jumlah pengguna tertinggi dengan 38.164 pengguna, disusul Commuter Line Bandung Raya sebanyak 27.402 pengguna, Commuter Line Walahar 18.075 pengguna, dan Commuter Line Jatiluhur 13.797 pengguna.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna di tengah kepadatan stasiun dan perjalanan kereta, KAI Commuter menyiagakan petugas keamanan dibantu oleh frontliner. Fasilitas kesehatan juga disiapkan meliputi 97 unit kotak P3K, 60 unit kursi roda, 53 unit tabung oksigen, dan 49 unit tandu.

“Untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perjalanan Commuter Line, pemesanan dan pembelian tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI mulai H-7 sebelum keberangkatan. Sedangkan pembelian tiket di stasiun hanya diperuntukkan bagi pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas,” pungkas Karina Amanda.

KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk selalu berhati-hati dalam menjaga barang bawaan, meletakkan barang di rak bagasi, mengawasi anak selama perjalanan, serta tidak terburu-buru saat turun dari kereta. Pengguna juga diharapkan merencanakan perjalanan dengan baik.

Informasi terkini terkait layanan Commuter Line selama masa Angkutan Nataru 2025–2026 dapat diperoleh melalui akun media sosial resmi KAI Commuter @commuterline serta Contact Center 121.