Menghadirkan layanan transportasi kereta api yang terintegrasi untuk mobilitas yang berkualitas.
Menghadirkan layanan berkualitas untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan rekan commuters.
Nikmati kemudahan transaksi dengan Kartu Multi Trip untuk perjalanan lebih cepat, praktis, dan tanpa antre.
Informasi perjalanan KRL terlengkap. Mulai dari jadwal perjalanan, tarif perjalanan, dan rute perjalanan.
Pengadaan Barang/Jasa dengan proses yang optimal untuk mencapai kesepakatan terbaik.
Jelajahi informasi terkait KRL dan terhubung dengan kami melalui berita, cerita, dan wawasan terbaru.
Perseroan patuh terhadap regulasi pemerintah untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat, bertanggung jawab, dan kokoh.
Kembangkan bisnis Anda dengan memasang iklan di ekosistem bisnis KAI Commuter.
Dapatkan merchandise spesial untuk commuters dengan penawaran menarik.
Jakarta – Masa angkutan Lebaran 2024 yang KAI Commuter tetapkan selama 22 hari sejak H-10 (31 Maret) s.d H+10 (21 April) telah berakhir. Sepanjang periode itu, total pengguna yang KAI Commuter layani mencapai 20.960.944 orang di seluruh wilayah operasionalnya. Angka total volume pengguna tersebut lebih besar 13% jika dibanding dengan total volume masa angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 18.549.390 orang.
Selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter juga mencatatkan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan setiap perjalanan Commuter Line di seluruh wilayah layanan operasional. Rata-rata ketepatan jadwal keberangkatan Commuter Line sebesar 95,71% dan rata-rata ketepatan kedatangan perjalanan Commuter Line sebesar 95,42%
Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal menyampaikan bahwa untuk mobilisasi antar kota selama masa angkutan Lebaran masyarakat dapat leluasa menggunakan Commuter Line. Selain harga terjangkau, jarak tempuh yang terprediksi, di samping juga dapat mengurangi kemacetan di jalan.
Maka itu total volume program pengguna Commuter Line Jabodetabek pada masa angkutan Lebaran 2024 di angka 17.896.165 orang, atau naik sebanyak 13% dibanding tahun 2023 yaitu sejumlah 15.794.341 orang. Berdasarkan data, untuk stasiun transit, Stasiun Manggarai jumlah pengguna menyentuh angka 203.470 orang pada 13 April. Sedangkan di Stasiun Tanah Abang pada 1 April yaitu sebanyak 166.339 orang.
Berbeda halnya dengan layanan Commuter Line Merak yang mana dilakukan penyesuaian sebelum Lebaran (3-9 April) perjalanan hanya sampai Stasiun Cilegon. Jumlah pengguna sebanyak 287.758 orang atau naik sebanyak 30% jika dibanding tahun 2023 yaitu di 222.050 orang.
Untuk total volume pengguna Commuter Line Basoetta sepanjang masa angkutan Lebaran 2024 ini juga mengalami tren kenaikan jika dibanding tahun lalu. Data KAI Commuter membukukan 152.001 orang atau naik 29% dari tahun sebelumnya di angka 117.926 orang. Untuk melayani masyarakat menuju Bandara Soetta yang mudik lebaran, KAI Commuter mengantisipasinya dengan menambahkan 8 perjalanan menjadi 64 perjalanan saat sebelum lebaran yaitu mulai 5-8 April dan pasca lebaran yaitu tanggal 13-16 April 2024.
Asdo menyampaikan, selain di Jabodetabek dan sekitarnya keberadaan transportasi publik khususnya kereta api Commuter Line di wilayah-wilayah lain pada masa angkutan Lebaran sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mempermudah mobilisasi. “Tren volume pengguna antar kota pada masa Lebaran ini mengalami kenaikan jika dibanding volume masa Lebaran tahun sebelumnya,” ujar Broer.
Seperti layanan Commuter Line Wilayah 2 Bandung, pada masa angkutan Lebaran 2024 total pengguna sebanyak 1.170.325 orang, atau naik sebesar 7% dari tahun sebelumnya di angka 1.092.489 orang dengan 58 perjalanan per hari. Tercatat volume tertinggi atau puncak arus mudik dengan menggunakan Commuter Line terjadi pada tanggal 13 April dengan total volume pengguna sebanyak 75.070 orang.
Stasiun Cikarang sebagai stasiun integrasi antara pengguna Commuter Line Jabodetabek dan Commuter Line Walahar atau Jatiluhur tujuan Stasiun Purwakarta atau Stasiun Cikampek, selama periode masa angkutan Lebaran mencatat volume penumpang yang naik di stasiun tersebut 114.183 orang, dan yang turun untuk melanjutkan menggunakan Commuter Line Jabodetabek sebanyak 119.088 orang.
Layanan Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta selama masa angkutan Lebaran kemarin terpantau juga mengalami kenaikan volume penggunanya. Total pengguna Commuter Line di Wilayah 6 Yogyakarta sebanyak 576.619 orang atau lebih besar 16% jika dibanding dengan volume pengguna pada angkutan Lebaran 2023 lalu.
Dengan rincian total volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 501.065 orang atau naik sebesar 16% dari tahun lalu yaitu sebanyak 431.994 orang. Sedangkan untuk total volume pengguna Commuter Line Prameks sebanyak 75.554 orang atau naik sebesar 19% dari tahun lalu yaitu sebanyak 63.236 orang.
“Untuk melayani masyarakat dan pemudik yang akan menuju wilayah-wilayah di sekitar Yogyakarta, Solo, Klaten dan Kutoarjo pada masa tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 30 perjalanan Commuter Line Yogya-Palur per hari dan 12 perjalanan Commuter Line Prameks selama masa libur Lebaran ini,” tambah Broer.
Dengan adanya penambahan jadwal perjalanan, KAI Commuter mencatat rekor volume tertinggi Commuter Line Yogyakarta sebanyak 40.729 orang dan Commuter Line Prameks sebanyak 6.082 orang, masing-masing terjadi di tanggal 13 April 2024. Stasiun Yogyakarta juga tercatat sebagai stasiun pemberangkatan dan kedatangan pengguna Commuter Lin terbanyak, masing-masing berjumlah 143.770 orang dan 143.903 orang pengguna.
Selain di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, KAI Commuter juga mengoperasikan layanan Commuter Line Wilayah 8 Surabaya yang meliputi wilayah-wilayah di Jawa Timur. Pada periode masa angkutan Lebaran, KAI Commuter mencatat total volume pengguna Commuter Line Wilayah 8 Surabaya sebanyak 878.076 orang, dengan mengoperasikan perjalanan sebanyak 60 perjalanan setiap harinya.
Angka total volume pengguna tersebut lebih besar 6% jika dibanding dengan total volume masa angkutan Lebaran 2023 yaitu sebanyak 827.354 orang. KAI Commuter Juga mencatat volume tertinggi atau puncak mudik Commuter Line Wilayah 8 Surabaya yaitu sebanyak 45.753 orang pada 14 April 2024.
Stasiun Surabaya Gubeng merupakan stasiun keberangkatan dan kedatangan dengan volume pengguna tertinggi yaitu masing-masing sebanyak 98.870 orang dan 98.446 orang pengguna.
Selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, KAI Commuter juga terus meningkatkan layanan kepada penggunanya. KAI Commuter menyediakan fasilitas air minum gratis di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bekasi. Selain itu untuk mendukung program Green Commuter KAI Commuter juga menyediakan fasilitas Commuter Bike Shalter bagi pengguna Commuter Line yang menggunakan sepeda.
Dari keamanan dan keselamatan untuk Wilayah Jabodetabek, selama masa angkutan Lebaran kemarin KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 petugas Pengamanan yang terdiri dari petugas keamanan dari internal (Pegawai Keselamatan & Keamanan, PAM Stasiun, PAM WALKA, BKO Marinir) serta penambahan personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.
Fasilitas-fasilitas layanan lain di stasiun juga mewarnai Idul Fitri tahun ini diantaranya tematik Idul Fitri 1445 H di area stasiun, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Serang. Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket musholla di sejumlah stasiun dan penambahan toilet portable di stasiun-stasiun ramai.
“Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak seperti Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, TNI, POLRI, Komunitas Pencinta kereta serta semua pihak yang membantu mensukseskan Angkutan Lebaran 2024 ini terlaksana dengan baik dan tentunya teruntuk para pengguna setia Commuter Line,” tutup Broer Rizal.