Kembali

Antisipasi Layanan Pada Liburan Masa Nataru, KAI Commuter Perkuat Layanan di Seluruh Stasiun

Jakarta — KAI Commuter terus memperkuat kesiapan layanan dalam mengantisipasi potensi peningkatan volume pengguna menjelang puncak arus libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025–2026. Penguatan layanan dilakukan pada seluruh Stasiun, mulai dari Commuter Line Jabodetabek, Commuter Line Basoetta, hingga Commuter Line Merak.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Karina Amanda, menyampaikan bahwa seiring sudah memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru, pergerakan masyarakat akan diperkirakan terus meningkat, baik untuk keperluan liburan, silaturahmi, maupun perjalanan menuju bandara dan kawasan penyeberangan.

“Kami terus melakukan evaluasi operasional harian dan memperkuat kesiapan dalam peningkatan layanan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna selama masa angkutan ini. Terlebih penumpang yang akan menggunakan Commuterline pada masa liburan ini adalah pengguna musiman. Oleh karena itu KAI Commuter berkomitmen memberikan layanan yang aman, nyaman, dan andal bagi seluruh pengguna,” ujar Karina.

Selama masa Angkutan Nataru 2025–2026, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.065 perjalanan Commuter Line Jabodetabek, 70 perjalanan Commuter Line Bandara Soekarno-Hatta, serta 14 perjalanan Commuter Line Rangkasbitung–Merak setiap harinya. Jumlah perjalanan tersebut disiapkan untuk mendukung mobilitas masyarakat di berbagai kebutuhan perjalanan.

Berdasarkan pantauan awal Angkutan Nataru, tren pergerakan pengguna menunjukkan adanya peningkatan mobilitas menjelang akhir pekan, terutama pada lintas-lintas yang melayani akses menuju pusat kota, bandara, pelabuhan dan wilayah tujuan liburan. Meski demikian, arus pengguna hingga saat ini masih terpantau relatif terkendali.

Sampai pukul 16.00 hari ini 22/12 sebanyak 603.270 pengguna menggunakan Commuter Line Jabodetabek. Dengan volume penumpang tertinggi pada Stasiun Bogor dengan 41.208 penumpang. Untuk Commuter Line Basoetta total sebanyak 5.913 pengguna dengan tertinggi pengguna pada Stasiun Basoetta dengan total 2.375 pengguna. Dan untuk Commuter Line Merak sebanyak 13.994 pengguna dengan pengguna tertinggi pada Stasiun Rangkasbitung sebanyak 5.478 pengguna. Menjadikan total volume penumpang mulai dari masa angkutan Nataru 18/12 hingga hari ini 22/12 sebanyak 4.100.357 penumpang menggunakan Commuter Line Jabodetabek, 35.432 penumpang menggunakan Commuter Line Basoetta, dan 69.423 penumpang menggunakan Commuter Line Merak.

Untuk mendukung kelancaran operasional, KAI Commuter menyiagakan ribuan petugas frontliner yang bertugas di stasiun, perjalanan kereta, serta titik-titik dengan potensi kepadatan. Selain itu, petugas pengamanan dan petugas kesehatan juga disiagakan guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna selama perjalanan.

KAI Commuter juga terus mengoptimalkan berbagai fasilitas layanan pengguna, seperti area tunggu stasiun, musholla, water station, charging booth, gate e-ticketing, serta sistem informasi perjalanan yang memudahkan pengguna dalam merencanakan perjalanan selama libur Nataru.

KAI Commuter mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik, mengikuti arahan petugas, serta tetap menjaga ketertiban dan keselamatan selama berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan kereta. Informasi terkini terkait layanan Commuter Line dapat diakses melalui akun media sosial resmi @commuterline dan call center 121.

“Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan transportasi publik Commuter Line sebagai pilihan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru, sehingga mobilitas dapat berjalan lebih lancar, nyaman, dan ramah lingkungan” tutup Karina.