Kembali

900 Ribu Lebih Pengguna Commuter Line Jabodetabek Di Hari Senin, KAI Commuter Ajak Manfaatkan Akhir Pekan Untuk Persiapan Kembali Ketempat Aktivitas

Jakarta - Volume Pengguna commuter line Jabodetabek dalam pekan pertama Bulan Juli 2023 ini menunjukkan tren meningkat terutama pada hari kerja. Tercatat rata-rata volume pengguna di hari kerja sebanyak 877.000 orang. Data tersebut lebih tinggi 9 % dari rata-rata volume pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 806.812 pengguna per hari kerja.

Volume pengguna commuter line Jabodetabek tertinggi pada pekan pertama Juli 2023 yaitu pada Senin, (3/7) sebanyak 911.654 orang. Sementara, rata-rata volume pengguna di hari kerja lainnya sebanyak 868.337 orang perhari. Jika dibandingkan dengan rata-rata volume pengguna pada hari libur akhir pekan, volume pengguna pada hari Senin lebih besar 37 % dari pada hari libur akhir pekan sebanyak 663.922 orang per harinya.

Sesuai data tersebut, akhir pekan merupakan waktu yang tepat bagi pengguna commuter line dalam merencanakan perjalanannya karena lebih leluasa dan terhindar dari potensi kepadatan. Untuk menghindari kepadatan di stasiun pada Senin esok yang diprediksi sebanyak 900 ribu lebih, KAI Commuter mengimbau para pengguna untuk kembali ke Jakarta ataupun lokasi aktivitas kerjanya dengan memanfaatkan kondisi commuter line yang cenderung lebih lengang pada akhir pekan ini.

Untuk pengguna dari daerah-daerah di luar Jakarta yang akan melanjutkan perjalanannya menggunakan commuter line Jabodetabek di stasiun-stasiun transit. KAI Commuter memberi kemudahan dalam melanjutkan perjalannya, seperti terintegrasinya jadwal perjalanan commuter line Cikarang dari kedatangan perjalanan commuter line Jatiluhur, commuter line Walahar, serta kereta api jarak jauh.

Sementara itu, untuk memudahkan pengguna yang akan melanjutkan perjalanan baik untuk commuter line Merak maupun commuter line Rangkasbitung, KAI Commuter juga telah mengintegrasikan jadwal-jadwal pemberangkatan ataupun kedatangan perjalanan commuter line di Stasiun Rangkasbitung.

Untuk di wilayah Jabodetabek sendiri integrasi antar moda semakin dibutuhkan sebagai transportasi lanjutan. Stasiun Manggarai yang sudah terintegrasi dengan commuter line Basoetta, bus TransJakarta dan transportasi online. Terdapat juga Stasiun Sudirman  terintegrasi dengan MRT, Bus TransJakarta dan LRT yang sudah mulai dioperasikan, Stasiun Tanahabang dengan bus TransJakarta, mikrotrans, angkutan perkotaan dan transportasi online, Stasiun Cawang dengan bus TransJakarta, LRT, transportasi online dan stasiun-stasiun commuter line Jabodetabek lainnya.

Saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1.133 perjalanan commuter line Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB Persebaran pengguna pada hari kerja juga masih terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB.

Sementara itu, untuk volume pengguna commuter line Basoetta juga mengalami tren kenaikan. Pada minggu pertama bulan Juli ini (1-7 Juli) tercatat rata-rata pengguna sebanyak 6.276 orang per hari. Angka tersebut terjadi kenaikan sebesar 15% jika dibanding dengan rata-rata volume seminggu sebelumnya yang sebanyak 5.353 orang per harinya.

Dengan mengoperasikan sebanyak 56 perjalanan commuter line Basoetta tiap harinya dari pukul 05.00 – 22.45 WIB, diharapkan pelayanan perjalanan commuter line Basoetta bisa sebagai alternatif pilihan masyarakat sekitar wilayah Tanggerang untuk menuju kawasan sekitar Sudirman atau sebaliknya.

KAI Commuter terus mengajak kepada seluruh pengguna dalam bercommuter untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Bagi pengguna yang sedang menunggu perjalanan commuter line di area stasiun, dahulukan pengguna yang akan keluar dan menunggu perjalananya di belakang garis kuning dan selalu memperhatikan celah antara peron dengan Kereta.

Gunakan aplikasi C-Access untuk memudahkan ber-commuting serta mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, dan posisi commuter line yang akan dinaiki secara real time. Untuk informasi terbaru perjalanan commuter line dapat diakses melalui aplikasi C-Access dan KAI Access. Selain itu, dapat juga melalui website commuterline.id, akun media sosial @commuterline dan Contact Center 021-121.